Sabtu, 13 August 2022

SEKRETARIAT WAPRES : KALTIM DAN JATIM PALING SIAP TERAPKAN DBON


  • rusmul,
  • 13 Juni 2022
15.kviews

SAMARINDA-Sejak dicanangkan Presiden Presiden Joko Widodo (Jokowi) per September tahun 2021 lalu, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), mulai disosialisasikan bahkan langsung diterapkan Pemerintah dalam keberangkatan kontingen Indonesia ke ajang Sea Games ke-31 Vietnam.
Hasilnya, perolehan medali Merah Putih meningkat 20,56 persen, yaitu menjadi 80,96 persen bila dibandingkan dengan SEA Games ke-30 di Filipina yang hanya 60,40 persen, meski Atlet yang diberangkatkan pada SEA Games Vietnam hanya berjumlah 499 orang atau berkurang sekitar 40,67 persen.
"DBON memiliki fungsi untuk memberikan pedoman bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten kota, organisasi olahraga, induk organisasi cabang olahraga, dunia usaha dan industri, akademisi, media, dan masyarakat," kata Kaharuddin, Analis Kebijakan Madya, Asdep Pembangunan Sumber Daya Manusia Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wakil Presiden.
Hal ini disampaikannya ketika bertemu Plt. Sekretaris Daerah H Riza Indra Riadi yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, Agus Tianur, di Kantor Dispora Kaltim Kompleks Gelora Kadrie Oening Samarinda, Senin (13/6/2022).
Dilaporkan Agus Tianur, bahwa Kaltim secara konsisten melakukan sosialisasi DBON ke berbagai kalangan, melalui program-program kerja yang telah dicanangkan hingga dalam hal penganggaran.
"Kita konsisten menlakukan sosialisasi untuk menyukseskan DBON, terakhir minggu lalu kita gelar Raker Pembudayaan Olahraga, dimana salah satu kesepakatannya adalah  pembentuka  Duta Olahraga Provinsi Kaltim tahun 2023 yang bertugas menyosialisasikan olahraga yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 dan Perpres DBON," jelasnya.
Menanggapi laporan Plt. Sekda tersebut, Kaharuddin mengatakan bahwa hingga saat ini baru Kalimantan Timur dan Jawa Timur yang siap menerapkan dan melaksanakan DBON secara sistematis sesuai regulasi yang nantinya akan dituangkan lebih mendalam melalui peraturan yang saat ini telah berada di Kemenkumham.
"Perpres DBON bertujuan untuk pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional dalam jangka panjang. Dimana didalamnya tertuang visi dan misi. Pertama visi yang memuat gambaran umum mengenai penyelenggaraan DBON yang efektif, efisien, unggul, terukur, akuntabel, sistematis, dan berkelanjutan. Sedangkan misi memuat upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi tersebut. Nah sejauh ini kita liat Kaltim dan Jatim yang paling siap," ujarnya.
Selanjutnya, ditegaskan bahwa penyelenggaraan DBON dilaksanakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota.
"Penyelenggaraan DBON sebagaimana dimaksud meliputi perencanaan, supervisi, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan," tambahnya sekaligis menjelaskan maksud kedatangannya bersama tim adalah penyerapan pandangan dan kunjungan lapangan untuk memperoleh data dan informasi perkembangan sosialisasi DBON di Kaltim yang akan dilaksanakan hingga 15 Juni 2022 mendatang.
Disamping Kaharuddin, tim Sekretariat Wakil Presiden juga ada Analis Kebijakan Anisa Sane, Kepala Subbagian Dukungan Administras Desi Uli Pasaribu, serta  Penyusun Bahan Kebijakan Persada Arihta Wijaya.
Sementara itu, Agus Tianur didampingi langsung Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Masturi Akbar bersama Analis Kebijakan Olahraga, Rizkani Muflih. (ba/rdi/ppiddisporakaltim)